Penggunaan virtual reality di bidang medis

Virtual Reality Medis – Sudah tidak asing bagi kita yang hidup di dunia serba digital ini kenal dengan istilah Virtual Reality. Karena penerapan saat ini tidak hanya di dunia wisata, gamming atau pemasaran produk saja. Namun sudah berkembang juga di bidang medis. Virtual reality saat ini digunakan di banyak bidang perawatan kesehatan, dalam berbagai aplikasi. Penggunaannya seperti dalam pelatihan medis, untuk dokter dalam pelatihan dan mahasiswa, perawatan pasien, pemasaran medis, dan dalam sosialisasi ke masyarakat tentang penyakit atau kondisi atau proses medis.

ilustrasi tenaga medis menggunakan kacamata VR

Untuk Edukasi

Pelatihan medis saat ini tidak hanya menghafal istilah medis atau teori saja. Namun juga memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk menggunakan fakta ketika berhadapan dengan masalah atau diagnosis yang dialami oleh pasien. Pelatihan ini mencakup pembelajaran berorientasi masalah, keterampilan komunikasi, dan pembelajaran berbasis Virtual Reality. Dengan VR, memungkinkan para siswa kedokteran bisa menghadapi simulasi suatu jenis situasi medis yang sama persis seperti dalam kehidupan nyata. VR juga bisa digunakan untuk membantu memvisualisasikan bagian dalam tubuh manusia, jadi para mahasiswa kedokteran bisa mempelajari anatomi manusia.

tampilan menu cara penggunaan Aplikasi simulasi | Sasaka Digital

Untuk pelatihan medis profesional

Saat ini sudah ada beberapa rumah sakit besar yang menerapkan teknologi VR untuk melatih para profesional. Biasanya VR digunakan untuk melakukan pelatihan operasi dan memberikan pembelajaran pendidikan kedokteran. Dalam pembelajaran pendidikan kedokteran tersebut, VR bisa memberikan pelatihan medis dengan menunjukkan skenario dan situasi yang umumnya sama seperti fisiknya.

Contoh lain penerapan Virtual Reality (VR) dalam bidang medis adalah pendampingan dalam terapi fisik dan rehabilitasi bagi pasien yang sulit bergerak atau melakukan aktivitas. VR membantu dan memotivasi mereka untuk menyelesaikan aktivitas fisik mereka dengan mengalihkan perhatian mereka dari rasa sakit dengan bantuan alat bantu visual, sensasi, dan suara tertentu. Hal ini tentu saja bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya.

tampilan menu pada aplikasi vr / sasaka digital

Penyedia jasa virtual reality untuk medis

Sasaka digital merupakan salah satu penyedia jasa Virtual Reality di Indonesia yang sudah mempunyai beberapa produk Virtual Reality untuk dunia medis. Virtual Reality yang sudah kami kembangkan di dunia medis, diantaranya adalah simulasi pembelajaran pembedahan, simulasi pelatihan prosedur anestesi, dan Virtual Reality untuk pasien. Kami masih terus mengembangkan Virtual Reality dalam bidang medis, sehingga bisa memberikan materi pembelajaran dan pelatihan yang bisa membantu para mahasiswa dan praktisi medis. Selain Virtual Reality untuk dunia medis, kami juga mengembangkan Virtual Reality di bidang wisata, desain interior dan pemasaran produk. Jika Anda tertarik, Anda bisa klik laman contact us untuk menghubungi kami. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim pengembang kami.

Tentang Author:

Eka Santana

Eka Prasetia Santana adalah Virtual Reality Developer sejak tahun 2012, mengawali karir di Jakarta tepatnya bersama PT. Smarta Indonesia / indonesiavirtual.com perusahaan pionir vr360 tour pertama di Indonesia. Kemudian pada 2017 Eka membuat perusahaan freelancenya sendiri yang bernama sasakadigital.com atau indonesiavirtual.my.id, pada akhir tahun 2019 Eka Santana supporting Virtual Reality Tour builder untuk PT. Wisanka Indonesia

Terimakasih sudah membaca artikel kami jasa virtual reality indonesia,
untuk artikel lebih lengkap bisa anda kunjungi artikel menarik lainnya seputar Virtual Reality di Sasaka Digital
atau kunjungi Indonesia Virtual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Online Customer Service
Halo Kak, Ada yg bisa kami bantu?