Virtual Reality di Indonesia era 90-an

Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk merasakan dunia maya seolah-olah itu adalah dunia nyata. Di Indonesia, teknologi VR mulai dikenal pada tahun 1990-an.

Pada awalnya, teknologi ini hanya digunakan dalam bidang militer dan industri. Namun, seiring perkembangan teknologi, VR mulai digunakan dalam berbagai bidang, seperti hiburan, pendidikan, dan bisnis.

Pada tahun 1990-an, teknologi VR di Indonesia masih sangat sederhana. Pengguna harus mengenakan head-mounted display (HMD) yang berat dan kurang nyaman untuk menggunakannya. Selain itu, harga peralatan VR pada saat itu sangat mahal, sehingga hanya beberapa perusahaan atau institusi saja yang mampu membelinya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, VR di Indonesia mulai mengalami perkembangan yang cukup pesat. Pada tahun 2010-an, teknologi VR mulai digunakan dalam berbagai bidang, seperti hiburan, pendidikan, dan bisnis. Peralatan VR yang digunakan juga semakin canggih dan nyaman digunakan, serta harganya semakin terjangkau.

Di bidang hiburan, VR mulai digunakan dalam berbagai aktivitas.

seperti simulasi naik roller coaster, simulasi lompat bungee, dan simulasi terbang. Di bidang pendidikan, VR digunakan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dengan cara memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan.Di bidang bisnis, VR digunakan untuk melakukan presentasi produk, melakukan simulasi perancangan, dan melakukan virtual tour.

Secara keseluruhan, teknologi VR di Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Dari teknologi yang sederhana dan mahal pada awalnya, teknologi VR kini telah menjadi lebih canggih, nyaman, dan terjangkau. Di masa depan, diharapkan teknologi VR akan terus mengalami perkembangan yang lebih pesat lagi dan dapat digunakan dalam berbagai bidang yang lebih luas.

Baca Juga : Perkembangan Virtual Fotografi di Indonesia sejak tahun 2013-2022

Jika anda berada di Solo dan tertarik dengan jasa bikin Virtual Reality 360 untuk promosi, Anda bisa menghubungi langsung melalui kontak dengan mengklik laman contact us.

Tentang Author:

Eka Santana

Eka Prasetia Santana adalah Virtual Reality Developer sejak tahun 2012, mengawali karir di Jakarta tepatnya bersama PT. Smarta Indonesia / indonesiavirtual.com perusahaan pionir vr360 tour pertama di Indonesia. Kemudian pada 2017 Eka membuat perusahaan freelancenya sendiri yang bernama sasakadigital.com atau indonesiavirtual.my.id, pada akhir tahun 2019 Eka Santana supporting Virtual Reality Tour builder untuk PT. Wisanka Indonesia

Terimakasih sudah membaca artikel kami jasa virtual reality indonesia,
untuk artikel lebih lengkap bisa anda kunjungi artikel menarik lainnya seputar Virtual Reality di Sasaka Digital
atau kunjungi Indonesia Virtual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Online Customer Service
Halo Kak, Ada yg bisa kami bantu?